SELAMAT DATANG, SEMOGA ANDA SELALU DI BERKAHI TUHAN YANG MAHA ESA,, AAMIIN

MI Alastuwo: Pak Guru, Adi Jatuh...!

24 Feb 2012

Pak Guru, Adi Jatuh...!

       "Aduh......! Innalillahi wa inna ilaihi roji'uun..." begitu kalimat yang keluar dari seorang murid yang baru saja tersandung tangga lantai sehingga keluar sedikit darah pada lututnya. Teman-temannyapun ikut khawatir sambil berteriak "Pak Guru, Adi Jatuh" suara temannya yang melapor kepada salah satu guru hingga akhirnya dibawa ke UKS dan diberi pertolongan pertama.
       Hal yang lebih penting disini adalah anak seusia kelas tiga MI terbiasa dengan mengucapkan kalimah tarji'. Sudah seharusnya bagi umat Muslim ketika mendapat musibah kemudian mengucapkan kalimah tersebut. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW
مَامِنْ عَبْدٍ تُصِيْبُهُ مُصِيْبَةً فَيَقُوْلُ: اِنَّالِلّٰهِ وَاِنَّۧااِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ, اَللّٰهُمَّ اَجِرْنِيْ فِي مُصِيْبَتِي وَاَخْلِفْ لِيْ خَيْرًا مِنْهَا اِلَّا اَجْرُهُ اللهُ فِيْ مُصِيْبَتِهِ وَاَخْلَفَ لَهُ خَيْرًامِّنْهَا (رَوَهُ مُسْلِم)

Artinya:”Tidaklah seorang hamba terkena musibah, kemudian ia berdoa” Sesungguhnya kita kepunyaan ALLOH dan sesungguhnya kita akan kembali kepada-Nya. Ya ALLOH berilah pahala dalam musibah ini dan berilah aku ganti yang lebih baik dari padanya”. Kecuali ALLOH akan memberikan pahala dalam musibahnya dan ALLOH akan memeberi ganti baginya yang lebih baik daripadanya. (H.R. Muslim)
       Dalam Hadis ini mengajarkan kita untuk membaca kalimah tarji' ketika mendapat musibah serta doa agar mendapat pahala setelah medapatkan musibah. kalimah tarji' ini memang sebaiknya dibiasakan kepada anak anak kita agar ketika mereka mendapat cobaan atau musibah mereka senantiasa selalu ingat kepada ALLOH. 

       Dijelaskan juga di Al-Quran surat Al-Baqoroh 155, 156, 157: 
155. Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.
156. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.
157. Mereka Itulah yang mendapat keberkatan yang Sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka Itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.

       Ayat tersebut diatas menjelaskan bahwa ALLOH akan memberikan cobaan bagi umat Islam dengan rasa ketakutan, kelaparan, dan kekurangan harta namun ALLOh akan memberikan kegembiraan bagi orang-orang sabar yaitu orang-orang mengucapkan kalimat tarji' ketika mendapat musibah. dan orang-orang itulah yang mendapat keberkahan dan yang mendapat petunjuk.

       ALLOH memberi cobaan musibah atau ujian kepada semua orang bahkan kepada orang yang beriman : 
       Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? QS. al-'Ankabut (29) : 2
      Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. QS. al-'Ankabut (29) : 3
 
Melalui tulisan ini kami mengajak kepada para pembaca "mari kita memperbanyak ingat kepada ALLOH, bagaimanapun keadaan kita"